Menuju Era Society 5.0, Kelurahan Panjang Baru Rebranding Posyandu

Sabtu, (26/11/2022). Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) selama ini lebih banyak dimanfaatkan oleh para ibu untuk memantau tumbuh kembang balita. Padahal sebetulnya, Posyandu juga dapat melayani mulai dari bayi, lansia, maupun remaja untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.
Untuk itulah diperlukan adanya rebanding Posyandu dengan perubahan logo dan tagline Posyandu baru yaitu “Posyandu Sahabat Masyarakat”.
Perubahan ini diharapkan dapat menggambarkan Posyandu yang diinginkan oleh masyarakat. Yaitu menjadi wadah berinteraksi, belajar, mengedukasi dan memberdayakan masyarakat itu sendiri serta dapat memberikan layanan dasar masyarakat yang terintegrasi melayani mulai dari bayi hingga lansia.
Rebranding Posyandu bertujuan untuk melakukan perubahan terhadap kualitas pelayanan Posyandu agar ke depan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan semakin diminati oleh masyarakat.
Masyarakat berharap Posyandu dapat menjadi center of excellent, pusat pelayanan yang terintegrasi, berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan diharapkan pemerintah mampu memfasilitasi sarana, prasarana, dan sumber daya manusia pengelola Posyandu.
Untuk itulah, kelurahan Panjang Baru sangat mendukung adanya rebranding posyandu diantaranya posyandu balita, posyandu remaja, posbindu dan posyandu lansia sehingga cakupan layanannya menjadi lebih luas dan pelaksanaan kegiatan posyandu menjadi lebih terampil dan lebih berpengetahuan di era kekinian. Menuju era society 5.0, Posyandu harus dapat mulai beradaptasi dengan karakter masyarakat atau keluarga masa kini.