Panjang Baru Ikuti Silang Belajar Perubahan Iklim ke Desa Betahwalang Demak

Selasa, (11/10/2022). Kota Pekalongan adalah salah satu Kota yang terdampak perubahan iklim, seringnya kejadian banjir dan rob saat ini dari pemerintah pusat melakukan pembangunan tanggul laut serta perbaikan infrastruktur lainnya di Kota Pekalongan. Dengan mempertimbangkan dampak dan risiko di Kota Pekalongan yang diakibatkan oleh iklim, penanganan risiko merupakan hal penting yang perlu diperhatikan sehingga program/kegiatan intervensi akan berfokus pada membangun ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim di Kota Pekalongan secara berkelanjutan.
Strategi peningkatan ketahanan masyarakat terhadap resiko perubahan iklim penting melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam melakukan rencana perbaikan tata kelola mengatasi dampak perubahan iklim melalui aksi aksi adaptasi perubahan iklim dan adopsi perangkat dan teknologi yang inovatif.
Untuk itu Kelurahan Panjang Baru beserta 7 kelurahan terdampak rob dan banjir yang masuk di Kecamatan Pekalongan Utara dan Pekalongan Barat telah membentuk Kelompok Kerja Perubahan Iklim sebagai wadah yang sifatnya kolaboratif dalam mewujudkan langkah - langkah upaya penanggulangan resiko dampak perubahan iklim dari program yang sudah ada maupun bentuk program rencana kegiatan yang akan dilakukan.
Maksud dan tujuan kunjungan adalah untuk dapat mempelajari berbagai pandangan mengenai perubahan iklim dan memperoleh pengalaman serta pembelajaran dari lokasi yang sama terdampak perubahan iklim dengan harapan bisa saling belajar dan berbagi informasi terkait perubahan iklim.